Rabu, 29 Oktober 2014

SEMANGAT KELAS INSPIRASI BLITAR DI SDN PENATARAN VI

Berbagai kegiatan yang bergerak dalam bidang pendidikan banyak bermunculan saat ini. Baik dalam skala besar, maupun skala kecil, yang diadakan komunitas-komunitas maupun mahasiswa tingkat kampus misalnya. Salah satu dari berbagai kegiatan tersebut adalah Kelas Inspirasi. Kelas Inspirasi merupakan kegiatan sosial yang bergerak dalam bidang pendidikan, khususnya pendidikan dasar untuk anak-anak SD yang memberikan pemahaman tentang pentingnya pendidikan dan juga beragamnya profesi di negeri ini. Berangkat dari minimnya pengetahuan anak-anak tentang beragam profesi atau cita-cita yang dapat ditempuh saat ini, Kelas Inspirasi menjangkau anak-anak dari SD-SD terpencil di Indonesia. Program ini berusaha dilaksanakan di seluruh kota di Indonesia bertepatan dengan hari sarjana, yakni pada 28 September. Kelas Inspirasi yang dilaksanakan satu kali di tiap tahun, bermaksud mengajar sehari dan menginspirasi seumur hidup.
Di Blitar, pada 2014, turut serta diselenggarakan Kelas Inspirasi untuk pertama kalinya. Terdapat 9 SD sasaran kegiatan. Masing-masing SD dialokasikan pengajar yang berbeda jumlahnya, bergantung jumlah siswa yang ada. Rata-rata yakni 2 hingga 4 pengajar. Pengajar Kelas Inspirasi tersebut dipilih dari beragam profesi yang ada di masyarakat. Terdapat perekrutan pengajar dan fasilitator atau yang bertindak sebagai panitia dalam program Kelas Inspirasi ini.
SDN Penataran VI adalah salah satu SDN di Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar yang tergolong SDN terpencil. SDN ini terletak di bagian utara perkebunan teh yang ada di Penataran. Terdapat tiga gedung dalam sekolah ini. Secara kepemilikan tanah, SDN ini dibangun di atas tanah milik pemerintah atau milik pabrik. Begitupun dengan masyarakat sekitar. Mereka tidak memiliki hak tanah, karena tanah yang mereka tempati adalah milik pabrik. Mayoritas walimurid bekerja di kebun atau sebagai penambang pasir. Untuk menjangkau wilayah SD ini harus melewati hutan dan daerah penambangan pasir terlebih dahulu.
SDN yang berdiri sejak tahun 1986 ini memiliki jumlah murid yang sangat minim. Yakni 20 siswa keseluruhan. Dengan rincian tiga murid di kelas I, tiga murid di kelas II, empat murid di kelas III, empat murid di kelas IV, tiga murid di kelas V, dan tiga murid di kelas VI. Jumlah murid memang sangat minim, karena jumlah kartu keluarga (KK) dalam wilayah SDN ini hanya sejumlah 92 KK. Salah satu faktor karena terbatasnya murid, kegiatan belajar mengajar di SDN ini hanya dilaksanakan dengan tiga ruang kelas, dengan satu ruang untuk dua kelas sekaligus. Proses kegiatan belajar mengajar yaitu kelas I digabung dengan kelas II, dan seterusnya. Sehingga hanya ada tiga ruang kelas.
Ketika Kelas Inspirasi Blitar berlangsung, SDN ini tengah mengalami transisi kepala sekolah. Yakni kepala sekolah yang lama Ibu Masfuroh diganti dengan kepala sekolah yang baru Bapak Yunito Susilo. Ada sejumlah lima guru dan satu kepala sekolah di SDN ini. Satu guru diantaranya merangkap dengan SDN lain, yakni SDN Penataran 2. Nama-nama guru tersebut yaitu Bapak Zakaria, Ibu Nur Widya Wati, Ibu Putri Insri Praditya, Bapak Hadi Agus Nurhalim, dan Ibu Herin Puji Astuti yang merupakan  guru agama yang merangkap mengajar.
Kelas Inspirasi Blitar yang diadakan di SDN Penataran VI terdapat dua pengajar dengan dua profesi yang berbeda. Yakni Bapak Budi yang berprofesi sebagai PNPM Mandiri, dan Mbak Prima sebagai Event Organizer (EO). Selama kurang lebih 45 menit, masing-masing pengajar memberikan pemahaman tentang profesi mereka dan perannya di masyarakat. Cara mengajar merekapun, tentu disesuaikan dengan pemahaman anak-anak SD. Setelah kedua pengajar menyampaikan materi mereka, kemudian diadakan berbagai pertanyaan untuk anak-anak dan pemberian hadiah-hadiah kecil. Di akhir kegiatan, anak-anak menulis cita-cita mereka dalam lembar-lembar kertas warna dan menempelkannya di dinding kelas. Bagian ini dimaksudkan agar mereka selalu ingat cita-cita mereka setiap hari dan selalu termotifasi dan giat untuk belajar.

Kelas Inspirasi berusaha hadir di tiap tahunnya, menginspirasi untuk anak-anak generasi penerus bangsa. Salam inspitasi J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar